Distan Serang Kembangkan Durian Varietas Unggul

Distan Serang Kembangkan Durian Varietas Unggul

SERANG, teropongnews.id – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang, Banten sedang berupaya mengembangkan durian varietas unggul di sejumlah kecamatan.

Kepala Distan Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana mengatakan, di Kabupaten Serang banyak dijumpai durian lokal, rasanya enak manis dan berwarna kuning. Hanya saja kelemahannya dagingnya tipis dan bijinya tebal, serta ukurannya kecil.

“Paling mahal per biji dijual Rp 50 ribu,” ujarnya, Selasa 16 Februari 2021.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat para petani durian, Distan kini sedang melakukan pengadaan benih durian unggul seperti varietas Matahari, Musang King hingga Bawor.

Durian jenis ini memiliki kelebihan biji kecil daging tebal dan ukurannya besar bisa mencapai 3-5 kilogram per butir. “Sekilo bisa dihargai Rp 100-300 ribu,” ucapnya.

Zaldi mengatakan, pengadaan benih durian unggul sudah dilakukan sejak tahun lalu.

Lahan yang akan ditanami durian unggul itu diantaranya di Kecamatan Mancak, Baros dan Gunung Sari.

Diharapkan setelah 5-7 tahun kedepan, masyarakat sudah bisa memiliki durian unggul dengan harga mahal.

Menurut dia, dengan harga per kilogram Rp 100-300 ribu, jika satu butir durian bobotnya mencapai 3 kilogram maka satu butir bisa dijual dengan harga mencapai Rp 900 ribu. “Ini buat petani cukup menjanjikan,” tuturnya.

Akan tetapi kata dia, jika hendak membuat agrowisata durian, kebun yang ada harus ditata lebih dulu.

Sebab kebun durian yang ada saat ini di Kabupaten Serang tidak fokus hanya pada durian. Disana masih ada tanaman lain seperti melinjo dan lainnya.

“Kalau mau bikin sentra durian, distan harus beli tanah kita gak punya tanahnya. Tanah masyarakat bisa saja tapi mau enggak dia asal pohon lain yang mengganggu dihilangkan,” tuturnya. (Red/dhe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *