Calon Wali Kota Terpilih Belajar Pelayanan Publik ke Banyuwangi

Calon Wali Kota Terpilih Belajar Pelayanan Publik ke Banyuwangi

Banyuwangi, CNO – Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon terpilih Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (22/01/2021). Kunjungan ke daerah yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini sebagai bentuk keseriusan mereka dalam membangun Kota Cilegon.

Sebelum menemui pimpinan pemerintahan di daerah ini, terlebih dahulu Helldy-Sanuji melihat sejumlah fasilitas yang menjadi terobosan di daerah ini diantaranya Lounge Pelayanan Publik, Mal Pelayanan Publik dan pendopo beserta rumah dinas bupati.

“Kami terkesan dengan lounge ini karena di sini kita bisa memantau semua data. Mulai dari orang miskin by name by address, progres pembangunan di setiap kecamatan hingga masalah lainnya,” kata Helldy dalam keterangan tertulisnya.

Helldy yakin, dengan potensi dan sumber daya yang ada di Cilegon, lounge semacam itu bisa didirikan apalagi ditunjang dengan PAD lebih dari Rp 700 M dan APBD lebih dari Rp 2 T.

“Banyuwangi dengan PAD yang kurang lebih sama dengan kita, mestinya kita juga bisa,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi kedatangan Helldy dan Sanuji ke Banyuwangi. Ia pun teringat 10 tahun lalu ketika baru terpilih menjadi bupati.

“Saya juga waktu itu sebelum dilantik belajar dulu ke daerah lain yang sukses. Bahkan lebih dari satu daerah,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Bahkan, untuk membangun lounge tersebut Azwar Anas mengaku mendapat inspirasi dari salah satu kota di Kanada. “Saya senang kalau ada kepala daerah yang punya semangat belajar, ” katanya.

Perlu diketahu, Lounge Pelayanan Publik yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi ini merupakan tempat untuk menerima tamu, baik tamu kedinasan dalam rangka kunjungan kerja maupun studi banding dan tamu dari masyarakat umum.

Di tempat ini para tamu yang datang dapat duduk dengan nyaman sambil menunggu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ingin ditemui. Saat menunggu, para tamu dapat menikmati suguhan berupa makanan dan minuman tradisional yang dapat diambil sendiri.

Pembuatan lounge pelayanan publik ini memanfaatkan ruang loby setda dan ruang bagian umum yang posisinya berada satu gedung tepatnya di lantai dasar. Ada sekitar enam unit komputer yang terkoneksi dengan data penting kependudukan.

Pada kesempatan tersebut Helldy juga memberikan cinderamata berupa batik yang diproduksi masyarakat Cilegon, Batik Krakatao kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (*Shef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *