Proyek Pemenuhan Kebutuhan Air Baku Dilanjutkan, Masyarakat Antusias Sambut Pembangunan Long Storage

Proyek Pemenuhan Kebutuhan Air Baku Dilanjutkan, Masyarakat Antusias Sambut Pembangunan Long Storage

SERANG, teropongnews.id – Long storage adalah bangunan penahan air yang berfungsi menyimpan air di dalam sungai, kanal dan atau parit pada lahan yang relatif datar dengan cara menahan aliran untuk menaikkan permukaan air sehingga cadangan air irigasi meningkat.

Daniel, Ka.SNVT PJPA C3 menyampaikan, seiring pertumbuhan pemukiman di Kabupaten Serang, kebutuhan ketersediaan air bersih juga meningkat. Pembangunan long storage di Kecamatan Pontang dan Kecamatan Tirtayasa yang saat ini sedang dikerjakan diharapkan mampu memasok kebutuhan air bersih Kabupaten Serang.

Daniel menjelaskan, long storage merupakan usaha penyediaan air bersih serta pengaturan dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian, yang meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi tambak.

“Pada zaman dulu, jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian,” jelasnya.

Daniel melanjutkan, irigasi juga biasa dilakukan dengan membawa air dengan menggunakan wadah kemudian menuangkan pada tanaman satu per satu. “Untuk irigasi dengan model seperti ini di Indonesia biasa disebut menyiram,” ujarnya.

Sementara itu, Bimo Ragil Saputra, PPK Penyediaan Air Baku mengamini apa yang disampaikan Ka Satker. Menurutnya, tujuan dari irigasi secara langsung yaitu untuk menambah air pada areal pertanian, serta untuk mencukupi kebutuhan air terutama pada saat tidak turun hujan.

“Sedangkan secara tidak langsung, pemberian air irigasi dapat menunjang usaha pertanian melalui berbagai cara, antara lain mengatur suhu tanah, meningkatkan kualitas air, dan lain-lain,” ujarnya.

Menurutnya, Saat ini pembangunan long storage yang akan dijadikan air baku terus dikebut oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWSC3) Provinsi Banten. Beberapa eskavator dikerahkan untuk mengeruk tanah di beberapa titik, plengsengan juga terlihat dikerjakan.

“Long storage ini membentang di beberapa desa di Kecamatan Pontang dan Tirtayasa dan dibagi menjadi beberapa kolam penampungan,” tambahnya.

Ditambahkan oleh Koordinator Lapangan PT Linggar Bhakti Teknika, Pandu Fajar Wiratama, pembangunan long storage di Kabupaten Serang, khususnya yang bersumber dari DIPA SNVT PJPA 2021 dikerjakan dengan mengedepankan padat karya sesuai dengan program pemulihan ekonomi nasional.

“Sebagai putra daerah saya berharap agar pelaksanaan proyek long storage Kalimati ini dapat terealisasi dengan baik, lancar dan sukses,” tuturnya.

Maftuhi, Koordinator Humas PT Linggar Bhakti Teknika sekaligus salah satu tokoh masyarakat menambahkan, nantinya di Kabupaten Serang sudah tak ada lagi kekurangan air baku guna melayani kebutuhan air bersih untuk warga.

“Kami berharap warga sekitar harus mendukung sepenuhnya agar proyek ini berjalan sesuai rencana. Pembangunan long storage ini bisa tuntas dan dapat di rasakan manfaatnya Oleh masyarakat,” tambahnya. (*Dhe/Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *