CILEGON,teropongnews.id – Proyek pembangunan Jalan Lingkaran Selatan (JLS) sepanjang 15 kilometer kini sudah sedang tahap pengerjaan. Diketahui proyek tersebut dibiayai oleh pemerintah pusat (Kementrian PUPR) dengan nilai anggaran sekitar 100 miliar dan dikerjakan oleh 3 kontraktor pelaksana. Selasa 20/09/23
Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat direktorat jenderal bina marga balai pelaksanaan jalan Nasional Banten satuan kerja pelaksanaan jalan Nasional Wilayah I Provinsi Banten PPK 1.2 provinsi Banten pekerjaan ruas jalan Aat Rusli segmen I Nomor kontrak PB.0201/KTR-ARS/PB.27-Banten/PPK1.2/132 Nilai Kontrak 37.006.983.000,00 termasuk PPN sumber dana APBN waktu pelaksanaan 165 hari masa pemeliharaan 365 Hari kontraktor pelaksana PT Lintas Equwator Konsultan Supervisi PT Diksinapati Karsa Konsultindo
Pantauan awak media pekerjaan tersebut
di Jalan Aat Rusli / lingkar selatan JLS rekontruksi jalan yang dibiayai pemerintah pusat (Kementrian PUPR) itu, dan Pemerintah tampak retak dan pecah ada beberapa keretakan di tambal dengan aspal cair bahkan sambungan beton tampak lubang hingga 2 cm
Hilman (45) warga sekitar mengaku sangat senang dengan adanya pembenahan jalan lingkar selatan JLS ini mengingat kondisi jalan disini sangat parah, apalagi jika habis diguyur hujan, lubang yang ada di tengah jalan dan tergenang air tidak terlihat oleh pengendara.
“Saya hampir setiap hari melintasi jalan ini, saat ada pembenahan jalan bahagia, akhirnya dibenahi juga. Namun ada hal yang kurang memuaskan di beberapa titik pekerjaan ini, kenapa coran beton yang berusia belum genap sebulan ini sudah ada yang retak sampai kebawah seperti patah,” ujarnya.
Dia mengaku selalu aktif melihat pekerjaan jalan tersebut walau hanya rakyat biasa tapi ingin melihat tata cara kerjanya. “Bagian pertama juga ada yang retak sampe bawah, itu dipoles atau ditutupi oleh pekerja seperti semen dan aspal cair saya gak tau namanya apa, untuk menyamarkan patahan/retakan beton tersebut,” papar Hilman.
Selain itu, kata dia, pada coran beton yang sekarang meskipun belum dilintasi oleh pengendara sudah ada patahan sampai bawah juga . “Udah patah kalo menurut saya harusnya jangan cuma dipoles menghilangkan patahan itu tapi dicor lagi (grouting) supaya patahannya gak lari,” paparnya.
Dia berharap kepada penyedia jasa untuk serius dalam mengerjakan jalan tersebut karena dirinya sebagai warga sangat merindukan jalan yang halus dan mulus. “Harapannya awet gak gampang retak, karena beton kalo retak-retak juga bahaya kepada pengendara jalan,” pungkasnya.
Saat ditanya dikonfirmasi soal keretakan yang harus di-grouting, dia mengatakan, kalau ada retak rambut dan lain-lain biasa langsung komplain ke batcingplant, dan langsung ditangani. “Benar itu harus di-grouting, makanya takutnya beda persepsi retaknya sampai segimana gitu loh,” pungkasnya.
Ketua lembaga anti korupsi /LSM LAC Andi permana menjelaskan, keretakan pada beton ada beberapa faktor, mulai dari kekurangan air, tidak adanya lantai kerja atau dari kualitas mutu beton itu sendiri,kami sudah investigasi dari awal pembagunan pekerjaan ini di laksanakan tinggal menunggu batas kontrak berakhir dan kami sudah mengestimasi terkait kegiatan tersebut tinggal kami buat laporan aduan ke APH akhir tahun ini,
“Beton itu idealnya setelah digelar besoknya disiram oleh air, hal itu dilakukan tidak oleh kontraktor, pemasangan plastik harus full, dan adanya lantai kerja yang sangat berpengaruh akan kualitas beton, apalagi jika kondisi jalan awalnya banyak lobang dan rusak parah, bekos yang digelar harus ketemu dengan lantai kerja dulu baru digelar beton,” urainya.
Jika tahapan tersebut sudah dilakukan oleh penyedia jasa, berarti kualitas mutu dari beton itu sendiri yang merupakan pabrikasi batcing plant.
“Tapi biasanya, dari penglihatan saya sangat jarang sekali penyedia jasa melakukan penyiraman air pada beton yang sudah digelar tersebut, itu pun cukup berpengaruh pada kondisi beton dan bisa menimbulkan keretakan,” jelasnya.
Namun, kata dia, untuk beton yang retak rambut atau patah itu masih bisa di-grouting, cuma kebanyakan hanya disilen oleh aspal saja padahal lambat laun itu bisa melebar. “Kalo sudah retak harus segera di-grouting karena memang itu penangananya,” pungkasnya.Red.[Tim Red]
Diduga Kurangnya Mutu, Preservasi Ruas Jalan Aat Rusli JLS Cilegon, Baru Beberapa Hari Dikerjakan Beton Retak dan Pecah
113