Osaka, Kansai, Jepang, 17 September 2025 – Satu bulan menjelang berakhirnya pagelaran
World Expo 2025 Osaka, Paviliun Indonesia telah menembus target total kunjungan hingga 2,8
juta pengunjung sejak resmi dibuka pada 13 April 2025.
Pengunjung ke-2.800.000 ini adalah
pasangan calon pengantin asal Jepang yang mendapat hadiah tiket pesawat Osaka-Bali (PP)
dan penginapan selama 3 hari 2 malam. “Tercapainya target pengunjung hari ini menunjukkan
besarnya perhatian masyarakat dunia terhadap Indonesia. Bukan hanya angka, jumlah ini juga
menandai antusiasme terhadap budaya, inovasi dan komitmen Indonesia terhadap
pembangunan berkelanjutan. Kami berharap momentum ini turut membuka peluang kerja sama,
investasi, dan pertukaran budaya yang lebih luas ke depan,” ujar Wakil Direktur Paviliun
Indonesia P.N. Laksmi Kusumawati di World Expo 2025 Osaka, Selasa (16/9) dalam siaran pers yang diterima kantor pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Jakarta.
Jumlah pengunjung ini secara resmi memenuhi target 2,8 Juta yang dicanangkan di awal pembukaan
Paviliun Indonesia.
Paviliun Indonesia mengangkat tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future” yang
terinspirasi dari Tri Hita Karana, filosofi luhur dari Bali yang menekankan harmoni antara
manusia, alam, dan Sang Pencipta.
Paviliun Indonesia di World Expo 2025 Osaka ini bukan
hanya menampilkan budaya dan inovasi bangsa, namun juga sebagai panggung diplomasi
ekonomi dan kerja sama internasional.
Menurut Ardian Budhi Nugroho
Koordinator Komunikasi, Protokoler dan Bahan Pimpinan
Paviliun Indonesia Expo 2025 Osaka, dari April hingga pertengahan September, Paviliun
Indonesia telah menyelenggarakan 64 Kegiatan Business Forum dan One on One Meeting yang
melibatkan investor, pelaku industri, dan pemerintah dari berbagai negara dengan hasil 10 nota
kesepahaman (MoU), 9 Letter of Intent (LoI), 1 Joint Venture Agreement, serta 11 indikasi
kesepakatan jual beli paket perjalanan wisata.
Secara keseluruhan capaian ini
merepresentasikan komitmen investasi senilai USD 23,8 miliar di sektor berkelanjutan, industri
hijau, ekonomi kreatif, perdagangan, pengelolaan limbah, dan pariwisata.
Penyelenggaraan Paviliun Indonesia turut didukung berbagai mitra strategis, antara lain Astra,
Artha Graha Peduli, KAPPI, Pertamina, Barito Pacific Group, Royal Golden Eagle (RGE),
Indofood, Japfa, BPDP, Garuda Indonesia, Telkomsel, serta berbagai
kementerian/lembaga/daerah, dan instansi terkait lainnya.
Kolaborasi ini mencerminkan sinergi
antara kekuatan nasional dan jaringan global dalam menghadirkan wajah terbaik Indonesia di
panggung dunia. “Dukungan dari berbagai mitra dan pemangku kepentingan ini semakin
memperkuat upaya Indonesia untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan menjalin
kerja sama global. Ke depannya, diharapkan akan dapat membuka peluang investasi baru yang
akan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan,” pungkas Wakil Direktur Laksmi.
Untuk berita terbaru mengenai partisipasi Indonesia di World Expo 2025 Osaka dan
perkembangan seputar Paviliun Indonesia, kunjungi situs resmi di expo2025indonesia.id dan ikuti
Instagram @expo2025indonesia, serta untuk informasi lebih lanjut dapat merujuk pada paket
pers di bit.ly/IndonesiaPressKit.(**)
PAVILIUN INDONESIA CAPAI 2,8 JUTA PENGUNJUNG, BUKUKAN KOMITMEN INVESTASI USD 23,8 MILIAR
28